"

5 Cara Untuk Stay Produktif Selama Bekerja maupun Belajar di Rumah

by Admin

Kerja dan belajar dari rumah (work from home, school from home) menjadi tren global beberapa waktu terakhir ini. Berkaitan dengan situasi global saat ini, pemerintah Indonesia pun sudah mengeluarkan imbauan untuk meniadakan pertemuan face to face dan melakukan segala aktivitas di rumah, termasuk bekerja, belajar, dan bahkan beribadah.

Lalu, bagaimana caranya agar tetap produktif saat sedang kerja dan belajar dari rumah? Berikut cara stay produktif ala ayooklik.

Memperispakan Peralatan dan Diri

5 Persiapan Diri yang Harus Dilakukan Jelang Ujian - Medcom.id

Jangan berpikir bahwa ketika bekerja maupun belajar dari rumah maka suasana pun bisa santai, seperti sambil menonton tv, download film, dan lainnya.

Hal itu malah yang harus kalian hindari sejauh mungkin, karena itu akan mengakibatkan produktivitas kamu untuk bekerja dan belajar malah menurun.

Menurut Forbes, usahakan kamu sedang berada di kantor maupun di sekolah. Mandi Pagi, Membuat kopi (untuk yang puasa jangan ya).
Kita juga perlu membangun kepercayaan untuk menciptakan suasana kerja yang bersahabat dan lebih enjoy untuk bekerja.

Kamu juga perlu mempersiapkan keperluan kamu seperti laptop, mouse, keyboard yang membuat kamu nyaman dalam bekerja maupun kelas online.

Software juga perlu dipersiapkan seperti Zoom meeting, Google Hangout, Skype, Microsoft Teams dan lainnya. Oh ya, kamu juga harus memastikan koneksi internet kamu lancar ya. Karena jika waktu meeting atau kelas lalu koneksi internet terputus ditengah meeting atau kelas kalian sendiri yang kebingungan.

Yang terpenting adalah membuat suasana di rumah seperti di kantor maupun di sekolah ini dapat meningkatkan produktivitas kamu saat WFH maupun SFH.

Mengatur Jadwal

Pahami 7 Trik Mengatur Waktu Belajar Secara Efektif dan Efisien

Kamu perlu untuk mengatur jadwal, karena WFH atau SFH membuat kamu melupakan hal ini dan membuat dirimu merasa bebas tanpa beban dan membuat kamu melupakan pekerjaan kamu.

Atur seperti biasa jam bangun kamu tidur agar tidak kesiangan. Lalu jangan lupa untuk mandi agar badan kamu tetep segar sehingga siap untuk bekerja di rumah.

Lalu perhatikan pekerjaan yang diberikan kantor kepada kamu pada hari itu. Atur jam berapa kamu akan mulai bekerja, jam makan siang, dan jam berapa kamu harus berhenti bekerja.

Dengan hal itu, kamu akan merasa lebih bertanggung jawab sehingga kamu tidak akan melupakan maupun menunda pekerjaan kamu.

Untung SFH atur jadwal kamu bangun, jam berapa kelas online akan di laksanana dan tugas apa saja yang harus kamu kerjaan setelah kelas itu berakhir, agar tugas kalian tidak semakin menumpuk.

Mencari posisi yang nyaman

woman-thinking-over-work-problem_23-2147669764 - Rimma.co

Beberapa dari kita memang ada yng nyaman ketika bekerja di sofa maupun kasur. Namun, jika kamu merasa tidak nyaman bekerja di atas kasur atau sofa, sebaiknya kamu menghindari hal tersebut.

Sebab, ada beberapa orang yang justru menjadi malas-malasan bekerja maupun belajar online saat di kasur maupun di sofa. Bekerja atau belajarnya hanya sebentar, lalu selanjutnya akan tidur-tiduran dan pada akhirnya justru akan menunda pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan.

Hindari bekerja di atas kasur jiga menimbulkan efek tidur. Karena kamu bisa mengambil posisi kerja senyaman mungkin, misalnya di meja belajar atau bahkan di rooftop rumah/kosan. Bisa juga kalian di ruang tamu sambil ngobrol dengan keluarga (Jika kalian bisa multitasking ya).

Kolaborasi dengan Rekan Kerja atau Teman Sekolah Anda

Skype Meet Now, Pesaing Zoom Video Conference Tanpa Perlu Registrasi

Selama periode bekerja atau belajar dari rumah, Anda juga harus lebih proaktif dalam berkomunikasi. Menghubungi seseorang beberapa kali dalam sehari adalah hal yang wajar. Anda juga harus mengantisipasi jumlah komunikasi via WhatsApp, telepon atau SMS, maupun video conferencing software. Jangan lupa untuk mengalihkan semua pertemuan face to face ke virtual meeting.

Dan menciptakan suasana rumah kalian selayaknya di kantor ataupun sekolah kalian. kamu dapat menambahkan beberapa elemen lain supaya dapat membuat suasana kantor di rumah. Kamu bisa membeli bunga dengan potnya, lampu kerja, maupun hiasan kantor lainnya, kemudian ditaruh di rumah.

Beristirahat Sejenak

Ternyata Orang Produktif Sering Bersantai Halaman all - Kompas.com

Ketika kamu sudah berada di titik jenuh saat kerja di rumah, maka sebaiknya kamu keluar sebentar menghirup udara segar.

Berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10 menit tentu dapat menyegarkan otak kamu. Selain itu, kamu juga bisa membeli camilan yang sekiranya dapat menunjang produktivitas kamu ketika bekerja nanti.

Setelah itu, tentu kamu harus kembali duduk dan menyelesaikan pekerjaan.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas ketika sedang kerja atau sekolah di rumah.

Related Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy