Thursday, April 15, 2021
Home Info & Tips Jenis Mesin Fotocopy Berdasarkan Ukuran Dan Cara Kerja

Jenis Mesin Fotocopy Berdasarkan Ukuran Dan Cara Kerja

Jenis Mesin Fotocopy Berdasarkan Ukuran Dan Cara Kerja – Ada kalanya sebuah dokumen, baik itu berbentuk teks, gambar, maupun grafik, perlu diperbanyak. Cara yang sering digunakan adalah memperbanyak dengan mesin fotocopy. Cara ini cukup efektif karena duplikasi dokumen dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. Hasil duplikasi pun memiliki kualitas yang mendekati aslinya.

Baca Juga : HP DeskJet Ink Advantage 2336 All-in-One Printer Ekonomis

Jenis Mesin Fotocopy Berdasarkan Ukuran

Mesin pengganda dokumen ini umumnya digunakan di sekolah maupun perkantoran. Bahkan, dengan mengunakan mesin ini, seseorang dapat membuka usaha fotocopy. Hal ini disebabkan ada banyak kegiatan yang memerlukan dokumen dalam bentuk asli maupun salinan. Sesuai dengan ukurannya, mesin penyalin dokumen ini dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu kecil, sedang, dan besar.

Jenis Mesin Fotocopy Portable

4 Mesin Fotocopy Portable Murah dan Berkualitas

Ini termasuk dalam jenis mesin fotocopy berukuran kecil. Sebutan portable disebabkan oleh kemudahannya saat dipindahkan. Oleh karena ukurannya yang kecil, mesin ini sering diletakkan di meja. Oleh sebab itu, mesin penyalin dokumen ini lebih banyak digunakan di rumah. Sayangnya dimensinya yang kecil membuat alat ini hanya mampu menduplikasi dokumen dengan ukuran kertas maksimal A4 atau 210 x 297 mm.

Mesikipunn demikian, mesin ini memiliki kecepatan menyalin yang cukup memadai, yaitu sepuluh lembar per menit. Oleh sebab itu, untuk penggunaan ringan saja mesin ini sudah cukup. Contoh penggunaanya yaitu pada loket pembayaran yang tidak memerlukan penyalinan dokumen dalam ukuran besar. Bisa juga digunakan oleh tim kerja yang mobile karena mesin penyalin ini mudah dijinjing.

Mesin Fotocopy Sedang

5 Merk Mesin Fotocopy Terbaik yang Bagus dan Awet

Jenis mesin fotocopy yang satu ini lebih dikenal dengan istilah ukuran standar. Untuk skala bisnis, mesin fotocopy ini sudah cukup memadai. Apabila ingin memiliki usaha fotocopy sebagai pemula, mesin ini merupakan pilihan tepat. sebab variasi ukuran kertas yang akan diduplikasi sudah cukup besar, yaitu mencapai A3 atau 297 x 420 mm. Jadi, lebih banyak jenis dokumen yang bisa disalin.

Dari segi kecepatan menyalinnya, mesin ini lebih tinggi dibandingkan jenis portable, yaitu hingga 25 lembar per menitnya. Dengan kata lain, mesin pengganda dokumen ini mampu menyalin dalam jumlah banyak tanpa membuat pelanggan harus menunggu lama. Pengoperasiannya pun cukup mudah karena fitur yang dimiliki tidak serumit mesin fotocopy dengan ukuran besar.

Mesin Fotocopy Besar

Jenis mesin fotocopy ini memiliki ukuran lebih besar, yaitu melebihi 70 kilogram. Kecepatan menyalinnya bahkan mencapai 30 lembar per menit. Keunggulan lain dari  mesin ini adalah fitur-fitur tambahan yang menyertainya. Di antaranya adalah fitur yang memungkinkan dokumen salinan dicetak dalam ukuran lebih besar atau lebih kecil dari aslinya. Selain itu juga dapat mencetak dengan tinta berwarna.

Jenis Mesin Fotocopy Berdasarkan Cara Kerjanya

Mesin penyalin dokumen ini juga dapat dibedakan berdasarkan cara kerjanya. Jenis pertama merupakan mesin yang beroperasi secara analog. Artinya, mesin ini hanya mampu memperbanyak dokumen saja. Tidak ada fitur tambahan yang disematkan dalam mesin ini. Namun, harganya yang lebih terjangkau membuat mesin ini masih menjadi pilihan. Terutama jika dokumen yang akan disalin tidak memerlukan hasil khusus.

Jenis mesin fotocopy lainnya adalah mesin yang beroperasi secara digital. Bisa dikatakan jenis ini lebih computerized. Oleh sebab itu, ada beragam fitur tambahan dalam mesin fotocopy tersebut. Tidak hanya memperbanyak, mesin ini dapat digunakan sebagai scaner, printer, dan juga alat fax. Dengan demikian, pengolahan dokumen lebih beragam dapat dilakukan oleh mesin fotocopy canggih ini.

Baca Juga : Sony Kamera Mirrorless A6600M, Rekomendasi Kamera RAJA VLOG

Itulah tadi jenis mesin fotocopy yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran dan juga cara kerjanya. Ada hal yang menjadi pertimbangan memilih mesin ini. Salah satunya adalah dari segi harga. Oleh sebab itu, dalam memutuskan mesin mana yang akan dipilih, sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan penggunanya. Apalagi jika akan dijadikan usaha fotocopy.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular