"

Kegunaan Masker dan Kelangkaannya Serta Cara Pakainya

by Admin

Sejak wabah covid-19 menjadi pandemi, banyak masyarakat memborong kebutuhan seperti hand sanitizer, sarung tangan, masker dan kebutuhan medis lainnya. Akibatnya, saat ini, kebutuhan medis tersebut menjadi langka dan harganya melambung berkali lipat.Sebagai contoh masker. Banyak masyarakat yang kesusahan mencari masker. Berbagai merk masker mulai jarang, bahkan sudah habis di pasaran. Untuk itu, banyak masyarakat yang beralih kepada masker berbahan kain sebagai solusinya. Namun, apakah masker berbahan kain itu efektif untuk mencegah covid-19? Apakah masker berbahan kain mampu menahan covid-19?

Dikutip dari Kompas.com, menurut juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto, masker berbahan dasar kain dapat dijadikan alternatif untuk mencegah penularan virus. Selain itu, menurut dokter Erlina Burhan dari Departemen Pulmonology dan Kedokteran Respirasi FKUI RSUP Persahabatan, “Masker kain dapat menjadi alternatif jika memang sudah tidak ada masker yang berstandar khusus. Namun, masker berbahan kain tidak mampu menahan atau mencegah virus masuk 100%.”

Masker kain juga tidak mampu menahan aerosol dan airborne atau partikel yang ada di udara. Jika memang harus menggunakan masker kain, ada baiknya di tambahkan beberapa lembar tisu untuk lebih menahan masuk atau keluarnya droplets. Sebelum digunakan, baiknya masker tersebut dicuci terlebih dahulu dengan deterjen. Karena sabun dapat membunuh virus secara menyeluruh.

Selain itu, cara memegang serta cara memakai dan melepaskan masker sering kali diabaikan oleh masyarakat. Bagaimana sih cara menggunakan masker yang baik dan benar?  Berikut caranya: gunakan masker dan pastikan mulut, hidung dan dagu tertutupi. Bila ada orang yang membantu anda di rumah, dia pun harus menggunakan masker.

Untuk memakai masker, perhatikan hal-hal berikut: selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum memasang masker. Selama memakai masker, jangan dilepas dan pasang kembali, jangan menyentuh masker yang anda pakai. Kalau tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Setelah terasa lembab/ basah, ganti yang baru. Buka masker dengan cara melepaskan talinya. Jangan memegang permukaan depan masker, segera buang ke tempat sampah tertutup. Ingat, masker hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai berkali-kali.

Jadi Klikers, yuk kita mulai mengenakan masker dengan benar, jangan lupa cuci tangan dengan menggunakan sabun selama 20 menit, dan tetap physical distancing. Stay healthy yah Klikers.

Related Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy