"

Mulai kerja dari rumah, ini yang tidak boleh kita lakukan

by Admin

Korban dari virus korona terus bertambah setiap harinya, bahkan kini sudah mencapai lebih dari 300 orang dan puluhan orang lainnya meninggal dunia. Kejadian ini sudah menjadi perhatian serius dari pemerintah hingga menetapkannya sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) non-bencana. 

Meski belum melakukan penutupan total seperti yang dilakukan sejumlah negara. Pemerintah mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan Social Distancing, alias menjaga jarak antar satu dengan yang lainnya. 

Dari sekian Social Distancing, salah satu caranya adalah bekerja dari rumah, atau bahasa kerennya Work From Home. Nah, apa aja sih yang harus dihindari agar pekerjaan kita tetap berjalan dengan baik meski dilakukan di tempat tinggal kita sendiri. 

Berikut lima tips dari mimin biar #kerjadirumah terasa ngantor: 

1. Jangan biarkan ada gangguan 

ezgif.com webp to jpg 1
Membuka Instagram

Jangan biarkan dirimu sendiri mengakses media sosial, atau memantau perkembangan Atta Halilintar, atau memasukkan semua yang kamu lakukan di kantor saat bersantai dibawa pulang ke rumah. 

2. Lepas piyama kamu, pakai baju normal 

ezgif.com crop
Bekerja dengan memakai piyama

Biasanya di pagi hari pasti ada email menarik di ponsel kamu, dan karena ingin mengambilnya cepat-cepat untuk segera dibalas. Pasti deh selama dua jam setelahnya kamu tetap memakai baju tidur kamu, hayo ngaku. 

Tahu gak sih, piyama akan mempengaruhi psikologi kamu sehingga dapat mengganggu pekerjaan mu. Nah, ada baiknya segera ganti pakaianmu ke baju sehari-hari atau kalau mau tampil keren pakai kemeja, dasi atau jas, hehehe. Jangan sampe saat video conference kamu masih pakai daster. 

3. Gunakan waktu istirahat reguler 

cropped break time 750x460 1

Workaholic memang bagus, tapi bukan berarti harus menghabiskan sebagian besar waktu kamu di depan laptop atau komputer. Setidaknya ambillah jam istirahat seperti pada umumnya. Jangan lewatkan jam makan siangmu, apalagi sampai sore-sore. Ini bisa mengganggu kesehatan kamu yang pasti bisa bikin sakit perut. 

Carilah udara segar selama masa istirahat ini, meski hanya dengan segelas kopi atau berinteraksi sebentar dengan keluarga di rumah. Usai rehat, setidaknya energimu sudah kembali lagi dan siap meneruskan pekerjaan. 

4. Siapkan ruang kerja khusus 

Small home office 1170x550 1

Banyak orang yang memilih bekerja di sofa, atau bahkan kasur, mungkin nyaman, tetapi itu tidak selalu efektif. Pastikan kamu memiliki tempat kerja yang benar-benar membuat kamu merasa nyaman dan tentunya membuat pekerjaan lebih efektif. 

Kamu bisa memilih tempat misalnya, di meja makan, atau meja rias yang ada di kamar pribadimu. Jika kurang oke, duduk di bawah, taruh laptop kamu di atas meja dan cukup lesehan. 

5. Jangan lupa olahraga kecil-kecilan 

The Desk Squat 13 Olahraga Ringan di Kantor Yang Bisa Kamu Lakukan Sekarang 960x528 1

Sama dengan bekerja di kantor, bekerja di rumah juga menyisakan rasa lelah yang luar biasa bagi tubuh kamu. Jangan biarin deh badan kamu terasa pegel, terutama bagian punggung karena harus duduk berlama-lama. 

Setidaknya, lakukanlah olahraga kecil-kecilan, misal streching agar badan kamu enggak kaku saat bergerak. 

6. Be more effetively with teams meski cuma di rumah 

1584804954 26223452 8136417 image a 22 1584742040235

Kok bisa? Ya bisa dong. Kamu cukup menggunakan aplikasi Office 365 yang bisa diandalkan saat kamu berada di rumah dan tetap berkomunikasi dengan tim dengan mudah tanpa ribet. 

Office 365 ini dilengkapi beberapa fitur yang bikin pekerjaan kamu bersama tim tetap berjalan dengan baik. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan perencanaan, check list pekerjaan hingga eksekusi bersama-sama dengan santai di rumah. 

Gimana, bisa kan melakukannya? Yuk buat kerja di rumah jadi lebih efektif dan nyaman ya. 

Related Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy