"

Tetap Aman Meski Harus Ke Kantor

by Admin

Pandemi Covid-19 yang merambah ke Indonesia membuat pemerintah mengimbau kepada seluruh perkantoran agar menghentikan aktivitas di lingkungan kantor dan bekerja dari rumah. Semua orang juga diminta untuk melakukan physical distancing guna mencegah penyebaran Virus Corona di tanah air.

Akan tetapi, tidak semua pekerjaan bisa dipindahkan ke dalam rumah, sebagian besar di antaranya masih harus datang secara fisik ke lokasi kerjanya. Hal ini tentu dialami oleh mereka yang bekerja sebagai petugas keamanan seperti satuan keamanan (satpam), petugas kesehatan, polisi, tentara, petugas kebersihan dan sebagainya.

Sudah pasti bagi mereka yang hadir langsung di sana akan merasa was-was ikut tertular virus Corona. Namun, kami punya tips agar tetap aman meski harus datang ke kantor, ikuti ya.

1. Selalu bersihkan alat kerja

Tahu enggak sih kalau Corona mampu bertahan selama 4-5 hari di kertas kerja kamu, atau alat-alat elektronik yang biasa kamu pakai untuk memenuhi kepentinganmu di kantor. Nah, biar enggak ikut tertular, coba deh selalu bersihak alat-alat kamu setiap kali akan memulai pekerjaan, jangan pas pagi doang.

2. Konsumsi Jambu Biji

Peneliti UI dan IPB bilang senyawa dalam jambu berpotensi menangkal Corona. Masa sih?

Dalam penjelasannya, jambu bji dengan daging buah warna mewah muda memiliki kandungan myricetin, kuersetin, luteolin, kamempferol, isorhamnetin dan hesperidin. Luteolin diketahui sebagai inhibitor protein furin, yang diduga sebagai salah satu enzim yang memecah protein S (spike) virus korona, seperti pada MERS menjadi unit S1 dan S2.

3. Sering Cuci Tangan

Ini gak kalah penting, mencuci tangan sering dianggap sepele namun sangat berguna. Tapi tidak sekadar menyiram saja, cuci minimal 30 detiik sesuai anjuran WHO dan pastikan semua sela diusap-usap dengan air yang mengalir, bukan air dari ember ya.

4. Duduk Berjauhan

Ini merupakan saran yang disampaikan oleh pemerintah, Physical Distancing, jadi jaga jarak kamu dan rekan kamu sampai minimal 2 meter ya. Sebab, virus menyebar melalui droplet, namun jarak tempuhnya bisa mencapai 1,6 meter. Maka, 2 meter adalah jarak aman agar tidak terkena virus.

5. Jangan Sentuh Wajah

Ini paling penting, jangan pernah sentuh wajah kamu karena Corona bisa masuk melalui hidung, mata maupun mulut. Kita pasti sering lupa, setelah memegang benda apapun pasti tangan secara otomatis mengusah wajah.

Nah, udah tahu kan caranya. Yuk mulai hidup bersih #mulaidaridirisendiri.

Related Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy