Friday, May 14, 2021
Home Info & Tips UPS (Uninteruptible Power Supply) Solusi Kerja Aman Saat Mati Listrik

UPS (Uninteruptible Power Supply) Solusi Kerja Aman Saat Mati Listrik

UPS atau yang dikenal dengan Uninteruptible Power Supply merupakan salah satu perangkat yang cukup penting dalam masa pandemi sekarang ini.

Dimana pada saat ini berbagai aktivitas pekerjaan harus dilakukan secara online. Yang tentunya membutuhkan sambungan internet yang terhubung dengan aliran listrik.

Sehingga untuk mengatisipasi dampak gangguan listrik yang sering terjadi secara tiba-tiba. Kita membutuhkan suatu perangkat agar dapat menjaga data-data penting dan menstabilkan arus listrik yang diterima saat ada pemadaman listrik.

Berikut ini Ayooklik akan membahas mengenai Uninteruptible Power Supply (UPS) salah satu perangkat yang dapat meminimalisir gangguan saat terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba

Mau tau apa saja sih manfaat dan bagaimana cara penggunaan perangkat yang satu ini? Tetap staytune disini untuk lihat pembahasan lebih lengkapnya ya #klikers !

BACA JUGA : Review APC Smart UPS RT 1000VA 230V

Pengertian Uninteruptible Power Supply (UPS)

Pengertian UPS dan Fungsi-fungsi UPS yang belum anda ketahui

UPS (Uninteruptible Power Supply) merupakan perangkat elektronik yang mampu menyediakan sumber listrik cadangan yang dapat digunakan saat perangkat elektronik yang kita pakai terputus dari sumber arus listrik utama.

Perangkat UPS ini yang biasanya menggunakan baterai backup sebagai catuan daya alternatif, sehingga daya listrik yang disediakan relatif tidak banyak dan jangkanya waktu yang cukup singkat

Fungsi Uninteruptible Power Supply (UPS)

Selain memiliki fungsi utama sebagai sumber listrik cadangan UPS (Uninteruptible Power Supply) juga memiliki fungsi lainnya diantaranya

Menstabilkan Arus Listrik

Listrik yang mengalir ke komputer di rumah maupun di lingkungan kantor tidak selalu dalam keadaan yang konstan. Seringkali arus listrik yang mengalir terkena hambatan listrik sehingga tegangan listrik menurun.

Jika tegangan listrik yang terlalu sering baik turun atau tidak stabil ini dapat berdampak yang cukup merugikan terhadap perangkat elektronik yang kita miliki.

Dalam hal ini UPS berguna untuk membuat arus listrik yang masuk ke dalam perangkat elektronik menjadi lebih stabil. Sehingga perangat elektronik tersebut dapat bertahan lama dan tidak cepat rusak.

Membantu Backup Data

Pernahkah sobat klikers kehilangan data saat sedang melakukan input data karena pemadaman listrik mendadak? Bayangkan jika hal tersebut terjadi berkali-kali dalam perusahaan atau institusi.

Maka dari itu memasang perangkat UPS ini dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi risiko tersebut. Ketika listrik padam, sobat klikers masih memiliki kesempatan waktu untuk menyelamatkan atau memindahkan data tersebut dengan sumber listrik cadangan dari perangkat UPS ini.

Cara Kerja Uninteruptible Power Supply (UPS)

Secara umum cara kerja UPS ini cukup sederhana, yaitu bekerja berdasarkan kepekaan terhadap tegangan arus listrik. Pada saat UPS menemukan adanya penyimpangan dari jalur voltase, seperti saat tegangan listrik sedang dalam keadaan tidak stabil.

Maka perangkat UPS secara otomatis akan berpindah ke posisi operasi on-battery atau baterai menyala hal ini berfungsi untuk melindungi beban (Load).

Selain itu, UPS juga akan berpindah ke operasi on-battery ketika terjadi kegagalan listrik sesaat atau listrik padam akibat berbagai peristiwa, misalnya sambaran petir. Hal ini dapat meningkatkan arus UPS dan dapat menghentikan suplai arus listrik DC (direct current) menuju perangkat elektronik.

Nah itu dia klikers pembahasan mengenai perangkat UPS (Uninteruptible Power Supply) yang dapat menjadi solusi buat para sobat klikers yang saat ini sedang bekerja dari rumah ataupun kantor.

Kalian tertarik untuk menggunakanya? atau diantara sobat klikers sudah ada yang menggunakannya? Buat kalian yang mau beli perangkat UPS ini dapat langsung klik tombol dibawah ini ya

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular